Dapat Piala Oscar! Berikut 6 Cerita dan Fakta Menarik Seputar Jackie Chan

Jackie Chan Menang Piala Oscar | Fakta Menarik Seputar Jackie Chan

Jackie Chan, siapa yang tak kenal dengan aktor asal China ini. Dia telah mengawali karir sejak tahun 1976 dan telah berperan di lebih dari 200 film. Sosoknya yang mudah diingat ketika ditonton dengan karakter kocaknya, Chan pantas dijadikan contoh positif dengan segala pencapaiannya dan usaha yang ia lakukan dalam dunia film. Salah satu fakta yang tak boleh kalian abaikan ialah bahwa Chan selalu maksimal ketika sedang bekerja sebagai aktor. Namun, apakah kalian tahu bahwa dibalik kesuksesan Jackie Chan ternyata banyak cerita atau Fakta menarik yang untuk kalian ketahui? simak saja berikut 10 fakta menarik seputar Jackie Chan yang tak boleh kalian lupakan.

1. Perfeksionis Bukan Berarti Tidak Punya Rasa Takut

 

Jackie Chan in Around the Worl in 80 Days

 

Pernah nonton film Jackie Chan “Who Am I”. Dalam film ini ada adegan yang membuat Jackie Chan ketakutan. Memang bila dilihat pada layar kaca aksi Jackie Chan sangat memukau ditambah aksinya yang jarang menggunakan stuntman. Namun ketika adegan meluncur pada bangunan Willemserf, Rotterdam, sebelum melakukan adegan berbahaya dengan meluncur dari lantai 21 dengan kemiringan 45 derajat, ternyata Jackie Chan memerlukan persiapan 2 Minggu untuk mengumpulkan keberaniannya. Bahkan menurut kabar, adegan beresiko itu dianalogikan telah membekukan darahnya, bagaimana gak takut, resikonya mati. Namun usaha Chan saat melaksanakan adegan berbahaya itu patut diacungi jempol.

2. Pernah Dijual Ketika Masih Kecil

Jackie Chan Kecil

 

Para pembaca yang Budiman, ternyata masa kecil Jackie Chan cukup menyedihkan lho. Chan mempunyai ayah seorang mata-mata yang bernama Charles. Fakta mengejutkan bahwa penjahat yang dicari oleh Ayah Chan, dikemudian hari menjadi istri Ayah Chan, Lee-Lee, yang merupakan, seorang penghibur sekaligus penjual barang terlarang, opium.

Singkat cerita, pada tahun 1949, tempat tinggal mereka terganggu dengan kedatangan komunis, lalu keluarga Chan beralih menuju Hongkong. Setelah beberapa tahun menikah, akhirnya Charles dan Lee-Lee dianugerahi seorang anak. Namun nasib kurang baik bagi Jackie Chan, ia tinggalkan dan dijual ke dokter yang pernah membantu persalinannya dengan harga 26 dollar.

READ MORE:
Trailer Pokemon Detective Pikachu Telah Resmi Meluncur

3. Aktor yang Jago Nyanyi

Jackie Chan Jago Nyanyi

 

Tak hanya ahli ketika sedang berakting, rupanya Jackie Chan juga adalah seorang penyanyi. Ketika disekolah asramanya, Jackie Chan pernah belajar bernyanyi.
Hebatnya, dari tahun 1986 telah masuk lagu Jackie Chan di lebih dari 19 album. Bahkan ada lagunya yang terdapat pada film Disney, Mulan yang berjudul I’ll mak√© a man out of you.

4. Mendapatkan Piala Oscar

Jackie Chan Menang Piala Oscar | Fakta Menarik Seputar Jackie Chan

Chan mendapatkan Piala Oscar Kehormatan (Governors Awards) di Ray Dolby Ballroom at Hollywood & Highland Center pada 12 November 2016 yang diserahkan oleh sahabatnya, sekaligus aktor legendaris, Sylvester Stallone. Uniknya, obsesi Chan terhadap Oscar diawali ketika dia melihat Piala Oscar milik Stallone sekitar 23 tahun yang lalu.
Sebelum mendapatkan penghargaan itu, Jackie belumlah pernah dianugerahi ataupun masuk nominasi Piala Oscar. Hal itu masuk akal karena film-film Jackie lebih banyak bergenre laga komedi dan jarang dilirik oleh pihak panitia seleksi Piala Oscar. Namun Jackie Chan berhak gembira atas pencapaiannya yang akhirnya mendapatkan perhatian dari Piala Oscar.

5.Pemegang Rekor Take Terbanyak

Jackie Chan Dragon Lord 1982

Sepanjang karir Jackie Chan, tak hanya Oscar penghargaan yang ia raih. Dengan totalitas saat berperan, Jackie Chan pernah melakukan pengulangan scene untuk durasi 10 menit hingga 2.900 kali untuk film “Dragon Lord” pada tahun 1982. Oleh karena itu, dengan jumlah pengulangan scene sebanyak itu, Chan dianugerahi Guiness World Record sebagai aktor dengan take paling banyak.

6. Pernah Berseteru dengan Anggota Geng

Jackie Chan The Protector 2

Dalam wawancara Jackie dengan majalah China Southern People Weekly, ia menyatakan bahwa ada waktu ketika dia terancam oleh geng Triad yang terkenal di Hongkong. Bersama aktor lainnya, Chan menjadi target pemerasan dan diancam oleh penjahat bersenjata. Bahkan menurut laporan South China Morning Post, ketika Chan turun dari pesawat, ada orang yang berusaha menembaki dirinya.
Dan diwaktu yang lain, Chan pernah makan malam dengan dikelilingi oleh 20 orang bersenjata tajam. Akhirnya Chan mengeluarkan senjata pistolnya. Akan tetapi akhir perselisihan tidak diceritakan dengan baik oleh Chan.
Oleh karena itu, Chan menjadi bahan penyelidikan polisi karena telah menggunakan senjata api tanpa ijin. Beruntung, penyelidikan itu diberhentikan karena kurangnya bukti. Apabila polisi berhasil membuktikan Chan bersalah, Chan bisa saja dikurung dipenjara selama 14 tahun.

Written by Agistiadi Nugraha

Saya bukan Alien ataupun Predator