7 Fakta Menarik Hercule Poirot, Detektif Fiksi yang Eksentrik

Hastings and Hercule Poirot | Fakta menarik Hercule Poirot

Bagi kalian pecinta novel misteri pasti tahu kan siapa Hercule Poirot? Bagi kamu yang gak tahu, Hercule Poirot adalah detektif yang sering muncul pada novel-novel Agatha Christie, seorang novelis terkenal asal Inggris. Dalam dunia novel misteri, Ia mempunyai kepopuleran dibawah Sherlock Holmes karangan Sir Arthur Conan Doyle. Pada novel Agatha Christie, Hercule Poirot memiliki karakter yang unik dan memiliki trik tersendiri ketika sedang berkerja untuk mengungkap misteri pembunuhan. Ingin lebih kenal dan dekat dengan Hercule Poirot? Yuk simak 7 Fakta Menarik Hercule Poirot.

7 Fakta Menarik Hercule Poirot, Detektif Fiksi yang Eksentrik

1. Kemuncul Pertama

David Suchet as Hercule Poirot

Detektif asal Belgia ini pertama kali muncul pada novel Agatha Christie yang berjudul The Mysterious Affair at Style, novel ini menjadi novel pertama Agatha Christie yang diterbitkan dan sekaligus menjadi novel pertama Poirot muncul.

2. Memiliki karakter dan sifat yang unik

Hastings and Hercule Poirot

Hercule Poirot pertama kali dideskripsikan pada The Mysterious Affair at Styles oleh Kapten Hastings, teman lama Hercule Poirot. Hastings mendeskripsikan Poirot sebagai orang yang memiliki tinggi badan lima kaki empat inci atau sekitar 1,6 meter. Poirot juga memiliki bentuk kepala mirip telur. Walaupun Poirot memiliki ukuran tubuh yang pendek namun Poirot dengan pembawaannya memiliki harga diri yang tinggi, dan juga Poirot memiliki sifat yang unik yaitu kepekaan terhadap kerapian yang sangat tinggi. Bahkan setitik debu akan sangat menggangu dirinya.

Poirot tidak menyukai hal yang tidak beraturan bahkan pada makanan. Dia berkata ketika menemui hal yang menjemukan dirinya, “sungguh tidak dapat didukung bahwa setiap ayam bertelur dengan ukuran yang berbeda! Simetri apa yang bisa ada di meja sarapan? ”. Selain itu, Dia tidak menyentuh roti yang berbentuk tak beraturan. Detektif asal Belgia ini sangat menekankan kerapian yang sangat tinggi. Ketika dia menemukan buku yang berserakan, dia akan menyusunnya secara rapi dengan urutan yang tinggi

READ MORE:
Cari Novel Sepak Bola? Baca Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata

3. Sang Penulis Bertemu dengan Orang yang Mirip dengan Hercule Poirot

Sang pencipta detektif eksentrik itu, Agatha Christie pernah melihat perwujudan dari Hercule Poirot dalam dunia nyata dua kali. Yang pertama ketika makan malam di Savoy, dan kedua saat dalam perjalanan perahu di Kepulauan Canary.

4. Menerima Obituari dalam surat kabar Amerika

Hercule Poirot Obituari

Detektif rekaan Penulis asal Inggris ini menjadi satu-satunya karakter fiktif yang dijadikan obituarium oleh media surat kabar Amerika, The New York Times pada tahun 1975, setelah dirilisnya novel terakhir Christie yang memuat Poirot, Curtain: The Last Case Poirot.

5. Kasus pembunuhan Roger Ackroyd merupakan kasus Favorit Hercule Poirot

Menurut artikel Daily Mails pada tahun 1938 menyatakan bahwa Agatha Christie menyebutkan bahwa The Murder of Roger Ackroyd menjadi salah satu kasus favorit Poirot, menyebutkan bahwa dalam novel itu, Sang detektif berkumis tebal itu berada dalam kondisi terbaiknya.

6. Diperankan Oleh Aktor-aktor yang berbeda

Aktor-aktor Pemeran Hercule Poirot

Dengan diangkatnya novel Agatha Christie dalam film, Hercule Poirot telah diperankan oleh orang-orang yang berbeda. Charles Laughton menjadi orang yang pertama yang memerankan Hercule Poirot, dan juga ada nama-nama lainnya yang telah berperan sebagai Poirot seperti Albert Finney, Peter Ustinov, David Suchet, dan Kenneth Branagh.

7. Hercule Poirot Jatuh Cinta

Hercule Poirot Jatuh Cinta

Pada awal-awal novel Christie, Poirot tak memiliki ketertarikan pada wanita. Namun pada novel The Big Four, Poirot menyimpan rasa terhadap Countess Vera Rossakof, seorang kaki tangan musuh Poirot dalam The Big Four.

Written by Agistiadi Nugraha

Saya bukan Alien ataupun Predator