Hebat! Inilah 7 Fakta Seputar Harper Lee, Penulis To Kill a Mockingbird

Harper Lee

Harper Lee adalah seorang penulis yang patut diapresiasi dengan karyanya. Wanita kelahiran Monroeville, Alabama, Amerika Serikat, 28 April 1926, ini telah melahirkan karya yang fenomenal, To Kill a Mockingbird dan Go To Set a Watchman. Novel To Kill a Mockingbird Dan Go Set a Watchman sukses dipasaran dengan angka penjualan yang fantastis. Oleh karena itu, akan menarik bila kita membahas fakta menarik seputar Harper Lee. Yuk, mari bahas satu persatu.

7 Fakta Seputar Harper Lee

1. Kontroversi Rilisnya Go Set a Watchman karya Harper Lee

Cover To Kill a Mockingbird

Pada beberapa tahun sebelum rilis novelnya, tepatnya pada tahun 2007, sang Novelis asal Amerika ini mengalami stroke dan masalah kesehatan pada jantungnya. Selain itu, Dia juga mempunyai gangguan penglihatan, pendengaran, dan ingatan jangka pendek. Timbul tanda tanya dikalangan orang banyak apakah Harper Lee benar – benar ingin mempublikasikan karyanya yang pada kenyataannya ia sudah bahagia walaupun tak mengeluarkan buku yang lainnya.

Pada waktu akan dirilisnya novelnya Go Set a Watchman timbul kecurigaan bahwa Lee tidak sepenuhnya ingin merilis bukunya itu. Ada dugaan bahwa ada paksaan dari pihak luar untuk keuntungan pribadi semata atas beredarnya novelnya tersebut.

Pihak pemerintah setempat tak hanya diam dan menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi namun mereka tidak menemukan dugaan yang dicurigai orang-orang. Namun guna menghilangkan keraguan publik atas rilisnya Go Set Watchman Lee menyatakan bahagian akan terpublikasi karyanya tersebut.

2. Harta Melimpah Berkat Keuntungan dari Karyanya

Pada saat pertama kali To Kill a Mockingbird muncul, novel karya Lee ini mendapat perhatian yang besar dari orang-orang. Angka penjualannya naik pesat dan pada masanya novel ini meraih keuntungan yang besar dan masuk daftar novel best seller pada saat itu. Bahkan hingga saat ini To Kill a Mockingbird angka penjualannya mencapai lebih dari 40 juta eksemplar. Dengan menerima royalti dari karyanya, Lee menerima sejumlah uang sebesar US$ 30 juta atau Rp 40 milyar per tahunnya. Dengan keuntungan yang besar dari novelnya ini tentunya membuat Harper Lee menjadi kaya.

READ MORE:
Inilah 4 Fakta Sherlock Holmes yang Harus Kamu Ketahui

3. Sederhana dibalik kesuksesannya yang besar

Fakta yang patut diingat selanjutnya bahwa walaupun Harper Lee seorang yang kaya namun dia tetaplah orang yang sederhana. Walaupun dia tinggal di kota besar seperti New York dan mempunyai kekayaan yang melimpah dia mempunyai apartemen yang sederhana dan saat berpergian di kota dia hanya menggunakan bus saja. Bahkan uangnya ia pakai untuk tujuan amal dengan memajukan bidang pendidikan, patut diteladani tuh.

4. Rumor Trumon Capote Ikut Campur Pada Karya Harper Lee

Pada awal rilis To Kill a Mockingbird mencuat rumor mengatakan bahwa novel tersebut didalangi oleh Truman Capote, seorang penulis besar sekaligus teman Lee. Namun pada kenyataannya Truman Capote tidak ada sangkut pautnya dengan penulisan To Kill a Mockingbird . Disisi lain, gaya penulisan novel Capote sangatlah berbeda dengan karya dari Harper Lee tersebut.

5. Harper Lee yang Pendiam

Walaupun dengan kepopulerannya yang tenar tak mempengaruhi sifatnya yang pendiam dan tetap menjaga privasinya. Bahkan agen dan published menyatakan bahwa Lee tidak ingin berbicara kepada wartawan dari 1964 yang lalu.

6. Inspirasi Kisah Novel To Kill a Mockingbird

Dibalik karyanya yang fenomenal, ada sebuah fakta unik dalam novel Harper Lee. Ternyata dalam kisah To Kill a Mockingbird Ada seorang tokoh, Atticus Finch Yang terinspirasi dari ayah Lee sendiri, A.C Lee. Selain itu, latar cerita To Kill a Mockingbird, Kota Maycomb terinspirasi dari tempat kelahiran Lee sendiri, yaitu kota Monroeville.

7. Penghargaan Terhadap Harper Lee dan Novelnya

Pemerintah Amerika tak buta melihat warganya yang berprestasi, Harper Lee mendapatkan penghargaan Presidential Medal of Freedom yang diberikan langsung oleh George Washington Bush, presiden pada masa itu, pada Harper Lee. Selain itu, novel To Kill a Mockingbird karya Lee dinobatkan sebagai novel terbaik abad 20 oleh Library Journal.

READ MORE:
Lika-liku Dalam Perjalanan Menulis Tere Liye, Sang Penuls Novel 'Bumi'

Akhir Kata

Hayo, Sekarang tahu kan fakta menarik seputar Harper Lee. Kita harus akui bahwa dia memang seorang penulis hebat yang patut kita acungi jempol. Semoga saja dengan Anugrah membagikan informasi ini, kalian bisa mendapatkan manfaat dari artikel ini.

Sumber : Biography & CNN Indonesia

Written by Agistiadi Nugraha

Saya bukan Alien ataupun Predator