Lebih Dekat Mengenal Jenis-Jenis Jutsu Dalam Anime Naruto dan Boruto

Kage Bunshin no Jutsu | Jenis-Jenis Jutsu Dalam Anime Naruto dan Boruto

Dalam anime Naruto, Naruto Shippuden ataupun Boruto pasti kamu sudah akrab dengan sebutan jutsu. Namun apakah kamu tahu apa sebenarnya jutsu itu? Dan apa saja jenis-jenis jutsu dalam anime Naruto dan Boruto? Mungkin sebagian dari kalian tahu jawabannya. Namun tidak ada salahnya kami membahasnya untuk sekedar mengingatkan dan memberitahu yang belum mengetahuinya.

Jenis-Jenis Jutsu Dalam Anime Naruto dan Boruto

Ninjutsu

Sasuke Chidori Ninjutsu | Jenis-Jenis Jutsu Dalam Anime Naruto dan Boruto

Ninjutsu adalah jenis jutsu yang menggunakan chakra dari dalam tubuh shinobi. Jenis elemen seorang shonobi akan mempengaruhi ninjutsu seperti apa yang akan bisa dikeluarkan oleh seorang shinobi. Dengan ninjutsu para shinobi bisa melakukan hal yang tidak bisa dilakukan manusia pada umumnya seperti memanipulasi elemen dan menciptakan elemen baru ataupun menghancurkan sesuatu dengan mudah.

Contoh ninjutsu: Kage Bunshin, Chidori, Rasengan, Raikiri.

Taijutsu

Metal Lee Taijutsu | Jenis-Jenis Jutsu Dalam Anime Naruto dan Boruto

Berbanding terbalik dengan Ninjutsu dan jutsu lainnya taijutsu merupakan jutsu yang memanfaatkan kekuatan fisik. Semua shinobi pasti bisa menggunakan taijutsu karena dalam pertarungan jika kehabisan chakra hal yang hanya bisa dilakukan hanyalah menggunakan taijutsu. Selama anime Naruto tayang ada 2 shinobi yang hanya menggunakan taijutsu dalam pertarungan karena mereka tidak bisa menggunakan chakra. Mereka adalah Rock Lee dari Konohagakure dan Shira dari Sunagakure.

Contoh taijutsu: Konoha Senpuu, Sekizo.

Genjutsu

Genjutsu Itachi | Jenis-Jenis Jutsu Dalam Anime Naruto dan Boruto

Genjutsu merupakan jutsu yang menyerang sistem syaraf. Jika terkena genjutsu seseorang akan merasakan halusinasi ataupun ketakutan dan kesakitan. Dengan kata lain genjutsu seperti hipnotis di dunia nyata hanya saja efek yang ditimbulkan sangat kuat hingga dapat menyebabkan kematian. Banyak shinobi yang ahli dalam menggunakan genjutsu seperti Kurenai dan Mirei akan tetapi orang yang memiliki sharingan dapat menggunakan genjutsu yang lebih kuat dari pada genjutsu lain. Kakashi pernah merasakan kesakitan selama 72 jam akibat serangan genjutsu yang dilakukan oleh Itachi. Walaupun Kakashi shinobi yang kuat tapi dia kesusahan saat hendak melepaskan diri dari genjutsu tersebut.

READ MORE:
Adaptasi Anime Live Action yang Sedang Digarap di Hollywood Pada 2018

Contoh genjutsu: Narakumi, Utakata.

Senjutsu

Minato Sage Mode Senjutsu | Jenis-Jenis Jutsu Dalam Anime Naruto dan Boruto

Senjutsu merupakan jutsu yang dilakukan dengan menarik energi alam dan menggabungkannya dengan chakra sendiri. Untuk bisa menggunakan senjutsu seorang shinobi harus bertapa dan melakukan latihan yang sangat keras dan juga nyawa menjadi taruhannya jika gagal dalam proses untuk menguasai senjutsu tetapi jika berasil menguasi senjutsu seorang shinobi akan mendapatkan kekuatan yang sangat kuat.

Karena untuk menguasai senjutsu tidak mudah hanya ninja-ninja tertentu yang telah tercatat bisa menguasai senjutsu. Diantaranya Naruto Uzumaki, Minato Namikaze, Sasuke Uchiha, Mitsuki, Hashirama Senjuu, Jiraiya dan Orochimaru.

Tempat-tempat yang terkenal untuk menguasi senjutsu diantaranya ada Gunung Myoboku, Gua Ryuuchi, dan Hutan Shikkotsu.

Contoh senjutsu: Sage Mode yang digunakan Naruto saat melawan Pain.

Doujutsu

Sasuke Rinnengan Doujutsu | Jenis-Jenis Jutsu Dalam Anime Naruto dan Boruto

Doujutsu merupakan jutsu yang menggunakan mata sebagai sumber kekuatannya dan hanya garis keturunan tertentu yang dapat menggunakannya. Selama tayangnya anime Naruto dan Boruto ada 3 Doujutsu terkuat diantaranya Sharingan, Byakugan dan Rinnengan.

Walaupun sama-sama Doujutsu Sharingan, Byakugan dan Rinnengan memiliki fungsi dan kekuatan yang berbeda. Sharingan lebih cenderung kuat digunakan untuk melakukan genjutsu. Byakugan biasanya digunakan untuk melacak keberadaan musuh karena mata byakugan memiliki pengelihatan yang lebih luas dan dapat mendeteksi chakra pada tubuh shibobi. Sedangkan Rinnengan disebut-sebut sebagai Doujutsu terkuat karena pengguna Rinengan dapat menguasi 5 elemen dan karena Rinnengan adalah Doujutsu paling sempurna pengguna Rinnengan tidak akan mengalami kebutaan jika berlebihan menggunakan Rinnengan, tidak seperti Sharingan yang jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan kebutaan.

Walaupun Doujutsu hanya bisa dikuasai oleh orang-orang dengan garis keturunan tertentu tetapi pada kenyataannya ada juga shinobi yang mendapatkan kekuatan Doujutsu dengan cara lain. Contohnya Kakashi Hatake yang mendapatkan Sharingan dari Obito Uchiha sebagai hadiah karena Kakashi sudah menjadi Jonin dan Ao yang mencuri Byakugan dari shinobi Konoha saat terjadi peperangan.

READ MORE:
Top 20 Anime Fall 2018 Terbaik yang Paling Dinantikan Para Penggemar

Contoh jutsu yang memanfaatkan Doujutsu: Rinne Tensei, Izanami, Izanagi.

Fuinjutsu

Fuinjutsu Uzumaki | Jenis-Jenis Jutsu Dalam Anime Naruto dan Boruto

Jutsu dalam anime Naruto dan Boruto selanjutnya ad Fuinjutsu. Fuinjutsu merupakan jutsu segel. Dengan fuinjutsu seorang shinobi bisa menyegel jutsu, shinobi lain bahkan hingga bijuu. Contoh shinobi yang menggunakan Fuinjutsu adalah Sai saat perang ninja ke 4. Dia menyegel para shinobi yang telah diedotensei oleh Kabuto. Untuk shinobi dengan fuinjutsu adalah para shinobi dari klan Uzumaki. Karena hal ini lah klan Uzumaki dibantai habis dan para shinobi yang selamat menyebar ke beberapa negara.

Contoh Fuinjutsu : Kongeki Fusa, Hakke no Fuin Shiki, Kongo Fusa.

Kinjutsu

Shiki Fujin Kinjutsu | Jenis-Jenis Jutsu Dalam Anime Naruto dan Boruto

Kinjutsu adalah jutsu terlarang karena jutsu jenis ini melawan hukum alam dan memiliki resiko yang sangat besar pada pengguna jutsu ini ataupun orang disekitarnya.

Contoh orang yang menguasai Kinjutsu adalah Orochimaru dan Kabuto yang dapat menggunakan jutsu Edo Tensei untuk memanggil orang yang telah mati.

Contoh lainnya ada Minato Namikaze yang menggunakan Shiki Fujin yaitu jutsu yang menyebabkan penggunanya mati karena memanggil dewa kematian untuk menyegel nyawa shinobi lain. Dalam kasus ini Minato menggunakan Shiki Fujin untuk menyegel Kyuubi saat Kyuubi mengamuk di Konoha.

Itulah jenis-jenis jutsu dalam anime Naruto dan Boruto. Semoga bermanfaat.

 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Loading…

0

Comments