Cari Novel Sepak Bola? Baca Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata

Novel Sepak Bola Sebelas Patriot
iqbalrois.wordpress.com

Novel Sebelas Patriot adalah novel sepak bola karya dari novelis ulung yakni Andrea Hirata. Novel ini dirilis pada tahun 2011, walaupun sudah lama rilis tapi novel ini bisa dijadikan tambahan koleksi kamu para pecinta novel. Novelis asal Belitung ini telah memasukkan kata-kata yang menjadi ciri khasnya dalam novel ini.

Kelebihan Novel Sepak Bola Sebelas Patriot

Buku tentang sepak bola ini ini dikemas dengan tidak terlalu tebal. Bagi pembaca yang tidak terlalu terbiasa dengan buku yang halaman tebal, sekiranya novel ini bisa kamu baca karena halamannya tak terlalu banyak. Selain itu, isi yang mudah dipahami dan pembawaan yang ringan menjadi salah satu kelebihan novel yang bertemakan sepak bola ini. Andrea Hirata pun menulis sendiri lagu-lagu yang ada pada CD musiknya buku ini. Sebelas Patriot juga menjadi karya ketujuh Novelis Laskar Pelangi.

Sinopsis Sebelas Patriot

Novel sepak bola Sebelas Patriot mengisahkan seorang anak muda yang bernama Ikal, anak muda kelahiran Belitung. Anak muda itu mempunyai klub sepakbola idola yaitu klub dari Spanyol, Real Madrid. Akan tetapi ada tim yang lebih ia cintai yaitu Indonesia.

Pada awal kisah, Ikal merasa curiga dengan ayahnya yang jarang berbicara . Pada suatu saat Ikal menemukan sebuah dalam album foto milik ibunya. Rasa penasarannya muncul setelah dia melihat seorang pria memegang piala. Ikal pun mencari tahu orang misterius yang ada dalam foto itu. Kemudian muncullah seseorang yang kenal dengan orang yang ada dalam foto itu. Setelah itu dia pun mengetahui bahwa orang yang ada dalam foto itu ternyata seseorang yang dekat dengan dirinya yaitu ayahnya sendiri.
Setelah mendengarkan cerita tentang ayahnya, ikal tahu bahwa ayahnya itu seorang pesepak bola yang berbakat.

Pada suatu saat, ayahnya bersama kedua saudaranya bersama tim menghadapi pertandingan dengan tim penjajah, Belanda. Mereka harus menghadapi keadaan dilematis. Belanda menginginkan agar tim tiga saudara harus kalah kalau tidak tim tiga bersaudara akan mendapatkan hukuman dari Belanda. Namun ayahnya Ikal bersama timnya tak menghiraukan ancaman Belanda. Mereka bermain dengan sepenuh hati. Apakah mereka menang melawan Belanda? Silahkan kamu baca rekomendasi novel yang bertemakan sepak bola ini yang penuh dengan pesan.

Pesan Andrea Hirata dalam Novel Sebelas Patriot

Dalam novel sepak bola karya Andrea Hirata ini mengandung pesan agar kita warga Indonesia mendukung dan mencintai sepakbola sendiri dan bagi pemuda untuk ikut serta dalam memajukan kualitas sepakbola ditambah air. Hal ini sesuai dengan Quote yang ada dalam novel ini “Begitu besar cinta, begitu singkat waktu, begitu besar kecewa, lalu tak ada hal selain menunggu pertandingan berikutnya, lalu bergenbira lagi. Sepak bola adalah satu-satunya cinta yang tak bersyarat di Dunia ini.”

Written by Agistiadi Nugraha

Saya bukan Alien ataupun Predator