Sinopsis The Murder of Roger Ackroyd, Novel Misteri Terbaik Karya Agatha Christie

The Murder of Roger Ackroyd, Novel Misteri Terbaik Karya Agatha Christie

The The Murder of Roger Ackroyd (Pembunuhan atas Roger Ackroyd) adalah salah satu novel misteri terbaik yang dikarang oleh Agatha Christie, seorang penulis misteri hebat dari Inggris. Bahkan pada tahun 2013 Crime Writers Association (CWA) yang didalamnya novelis pro menyatakan bahwa The The Murder of Roger Ackroyd yang dirilis tahun 1926 ini adalah contoh terbaik pada genrenya. Berikut sinopsis The Murder of Roger Ackroyd, rekomedasi novel misteri terbaik.

Novel ini didalamnya diceritakan oleh Dr. Sheppard, seorang dokter yang kebetulan tinggal bersebelahan dengan Detektif yang selanjutnya memecahkan misteri yang akan menghadapinya yakni Hercules Poirot. Pada awalnya Dr. Sheppard tidak mengetahui tetangganya itu seorang Detektif bahkan dianggapnya seorang penata rambut.

Sinopsis The Murder of Roger Ackroyd – Awal Misteri

Awali misteri dimulai ketika seorang janda, Nyonya Ferrara melakukan bunuh diri. Seorang kaya raya didaerahnya yakni Roger Ackroyd merasa terganggu dengan kematiannya tersebut. Selanjutnya Roger Ackroyd bercerita pada temannya yakni Dr. Sheppard bahwa dia curiga Nyonya Ferrars diperas oleh seseorang lalu dia merasa terancam lalu bunuh diri. Sebelum kematian Nyonya Ferrars, Roger Ackroyd menerima surat pesan terakhir dari kekasihnya itu. Namun dia tidak memberitahukannya pada Dr. Sheppard. Sepulang dari tempat Roger Ackroyd, Dr. Sheppard dipanggil bahwa ada telepon. Isi panggilan itu benar membuat tercengang bahwa Parker memberitahukan bahwa dia memanggil untuk kembali ke rumah Roger Ackroyd karena majikannya telah meninggal.

Segera setelahnya, Dr. Sheppard kembali ke Fernly untuk memastikan bahwa Parker benar. Didampingi bersama Parker, Dr. Sheppard mendobrak pintu kamar Roger Ackroyd. Merekapun dihadapkan dengan mayat Roger Ackroyd yang tertusuk oleh belatinya sendiri pada dadanya.

Siapa Dalang Kasus Ini ?

Dengan gaya khas novel Christie bahwa tersembunyinya pelaku diantara orang-orang yang dicurigai. Anak tiri Ackroyd, Ralph Paton yang sedikit bermasalah dengan ayahnya dicurigai atas pembunuhan tersebut. Parker, seorang pembantu turut dicurigai dan sekretaris Ackroyd, Geoffrey Raymond, serta temannya Mayor Blunt yang tertarik dengan tunangan Ralph Paton, Flora. Bahkan saudaranya Ackroyd yakni Flora dan ibunya diindikasikan berhubungan dengan kasus itu karena memiliki motif yang bagus.

Hercule Poirot

 

Setelah itu, Flora Ackroyd berniat mendatangi seorang Detektif yang kebetulan ada didaerahnya yakni Hercule Poirot untuk memecahkan misteri tersebut. Alasan Flora mendatangi Poirot adalah untuk membuktikan bahwa Ralph Paton yang diduga kuat oleh polisi sebagai pembunuhnya tidak tersangkut atas kasus ayah tirinya.
Berbagai petunjuk telah didapatkan oleh Poirot bersama Dr. Sheppard yang menjadi asistennya untuk menemukan dalang atas peristiwa yang mengerikan itu. Namun dengan banyaknya berbagai kerancuan membuat sulit untuk dipecahkan. Akan sel-sel kelabu Poirot menemukan siapa pembunuhnya?

Awalnya ketika penulis alias Anugrah membacanya merasa bosan. Namun setelah mengikuti ceritanya Anugrah merasa masuk kedalam ceritanya. Ketika membacanya hingga akhir Anugrah benar-benar merasa “kena” oleh novel Christie ini. Pengalaman membaca yang diberikan oleh novel ini membuat kamu ingin membacanya hingga akhir. Tak heran Anugrah bahwa novel ini menjadi salah satu novel misteri Agatha Christie yang terbaik.

Written by Agistiadi Nugraha

Saya bukan Alien ataupun Predator